Perkiraan Biaya Kuliah di STAN

Biaya STAN
Profil Jurusan Perguruan Tinggi: Kami mengajukan pertanyaan kepada salah seorang teman yang sedang kuliah di STAN, sehubungan dengan biaya di STAN dan juga Perkiraan biaya hidup Mahasiswa STAN seperti ini.
  1. Kapan kira-kira pendaftaran USM STAN 2011?
  2. Berapa kira-kira perkiraan biaya kuliah di STAN?
  3. Adakah keringanan biaya bagi Mahasiswa STAN yang kurang mampu, seperti beasiswa dll?
  4. Apa saja kegiatan Mahasiswa STAN untuk mencari uang saku menambah kiriman orang tua?
Dan inilah jawabannya.. 
Langsung saja ya bang saya jawab pertanyaannya:

A. USM STAN 2011: Untuk sekarang (awal Maret 2011 - red) saya belum tau pasti kapan USM STAN, kemungkinan di bulan Juli (pertengahan/akhir Juli). Bisa dipantau terus info USM di situs www.stan.ac.id atau www.bppk.depkeu.go.id
B. Biaya-biaya
Kalo tahun saya :
    • Pendaftaran USM STAN Rp.150.000 (tahun 2009), kalo tahun 2010 kemaren Pendaftaran USM STAN Rp. 100.000
    • Pendaftaran Ulang Mahasiswa baru STAN tahun 2010 kemaren Rp.600.000 itu untuk biaya BEM aja bang, sebenarnya lembaga ( STAN) nggak minta. Enam ratus ribu itu untuk biaya OSPEK dan kegiatan-kegiatan kampus yang dilaksanakan oleh BEM STAN. Jadi kalo misalnya ada calon mahasiswa yang tidak mampu membayar uang pendaftaran ulang sebesar 600 ribu itu, boleh tidak membayar.
    • Wisuda STAN, yang saya tau, Untuk Mahasiswa yang akan membawa pendamping wisuda 2 orang, membayar Rp.800.000. Tambahan pendamping wisuda dikenakan tambahan biaya Rp.200.000. Jumlah maksimal pendamping wisuda 4 orang. Oia bang, untuk biaya pembelian jubah wisuda,toga dst itu ditanggung sendiri oleh mahasiswa.
    • Biaya Hidup per bulan Mahasiswa STAN:
      C. Biaya Kost ditanggung mahasiswa sendiri. Di Dekat STAN banyak kos-kosan dengan range biaya per tahun Rp.2.000.000 s/d Rp.5.500.000. Bagi adik-adik yang baru masuk STAN, kalo mau nyari kos-kosan lebih baik terlebih dahulu mengontak kakak kelasnya,atau relasi yang juga kuliah di STAN untuk minta bantuannya mencarikan kosan, soalnya pengalaman yang sering terjadi, banyak calo-calo kos-kosan yang nawarin kos-kosan dengan biaya yang mahal tapi tempatnya nggak sesuai dengan harganya. Kalo minta bantuan kakak kelas di STAN yang udah tau lingkungan disana kan kita bisa milih-milih kos-kosan yang harganya lumayan dan fasilitasnya juga lumayan.
        D. Untuk biaya makan, tenang aja, di STAN warteg-wartegnya murah kok. Contohnya saja, warteg di dekat kosan saya, ayam+nasi+sayur Cuma Rp. 4000. :-D , Kalo temen sekosan saya, bahkan sering makan dengan tarif tiga ribu rupiah sekali makan. Tergantung selera dan kantong pokoknya. Yang pasti biaya makan disini nggak terlalu memberatkan. 

        E. Buku-buku perkuliahan di STAN semuanya dipinjamkan dari kampus. Jadi mahasiswa tidak perlu membeli buku-buku perkuliahan. 

        F. Biaya lain-lain mungkin kalo untuk perkuliahan, biaya fotokopi dst. Kalo diluar kegiatan perkuliahan mungkin biaya-biaya kegiatan elemen kampus (kayak ekskul) bagi yang mengikuti.
          G. Tambahan Uang Saku: Temen-temen di STAN biasanya nyari job ngajar privat atau di bimbel buat nambah uang saku. Disini mahasiswa-mahasiswa STAN laris banget kalo diminta jadi pengajar privat,hehe..
          Salam
          Dwinta Fitriyanti P - STAN 2009

          Berlangganan artikel GRATIS lewat email? Silahkan DAFTARKAN email Anda di sini!

          Buka email anda dan klik tautan yang ada untuk konfirmasi



          Artikel Penting Lainnya:

          4 Komentar :

          Romatua Lubis mengatakan... [Reply]

          oke-oke,,,
          kedengarannya, lebih seru lagi kalo saya langsung interface dengan kka untuk saling komentar... dan ingin tau lebih banyak ge tentang stan dsb, kalo kka bersedia, saya cuma ad CP. 087891245108 terima kasih..!

          Wida Wandini mengatakan... [Reply]

          wahhhh makasih infonya

          SARI SINAGA mengatakan... [Reply]

          untuk tahun 2013 STAN tidak membuka pendaftaran ya ???

          triana saragih mengatakan... [Reply]

          tolong beritahu informasi penerimaan mahasiswa baru tahun ajaran 2013/2014

          Terimakasih atas komentar yang membangun yang anda sampaikan melalui form ini.