Profil Jurusan Matematika

Kata "matematika" berasal dari bahasa Yunani Kuno μάθημα (máthēma), yang berarti pengkajian, pembelajaran, ilmu, yang ruang lingkupnya menyempit, dan arti teknisnya menjadi "pengkajian matematika", bahkan demikian juga pada zaman kuno. Kata sifatnya adalah μαθηματικός (mathēmatikós), berkaitan dengan pengkajian, atau tekun belajar, yang lebih jauhnya berarti matematis. Secara khusus, μαθηματικὴ τέχνη (mathēmatikḗ tékhnē), di dalam bahasa Latin ars mathematica, berarti seni matematika.

Disiplin-disiplin utama di dalam matematika pertama muncul karena kebutuhan akan perhitungan di dalam perdagangan, untuk memahami hubungan antarbilangan, untuk mengukur tanah, dan untuk meramal peristiwa astronomi. Empat kebutuhan ini secara kasar dapat dikaitkan dengan pembagian-pembagian kasar matematika ke dalam pengkajian besaran, struktur, ruang, dan perubahan (yakni aritmetika, aljabar, geometri, dan analisis). Selain itu, juga terdapat   logika,   teori himpunan (dasar),   matematika empirik dari aneka macam ilmu pengetahuan (matematika terapan), dan yang lebih baru adalah ke pengkajian kaku akan ketakpastian.

Bidang-bidang matematika
    1. Besaran
    2. Ruang
    3. Perubahan
    4. Struktur
    5. Dasar dan filsafat
    6. Matematika diskret
    7. Matematika terapan

Lapangan Kerja Jurusan Matematika:
  • Pemerintah (BATAN, LAPAN, Dinas PU, DEPTEN, HANKAM, LIPI, BPPT, Bakorsultanal, dll.)
  • Perusahaan computer
  • Perusahaan minyak
  • Bank
  • Dosen, etc.
Bidang Minat :
  • Aljabar & geometri
  • Matematika Analisis
  • Matematika komputasi (computer)
  • Matematika murni
  • Matematika terapan
  • Statistika
Kemampuan Penunjang : Kemampuan logika sebagai syarat utama. Dalam belajar matematika sangat diperlukan kerajinan yang tinggi dan mempunyai kesukaan terhadap matematika. 

Matematika memiliki konsep-konsep dasar yang berhubungan untuk pengembangan matematika baik sebagai ilmu maupun sebagai alat untuk pengembangan ilmu-ilmu lain seperti fisika, kimia, biologi, teknik, ekonomi, dll. Di dalam matematika terdapat beberapa kelompok ilmu yaitu Analisis, Aljabar, Statistika, Geometri, Matematika terapan, dan komputer. Sebagai ilmu terapan, matematika sangat bermanfaat bagi pengembangan ilmu-ilmu lain. Banyak masalah diluar bidang matematika seperti fisika, teknik, dan ekonomi yang dapat diselesaikan dengan mengubah permasalahan ke dalam suatu model matematika. Perkembangan teknologi tidak akan berkembang pesat, jika matematika tidak berpartisipasi di dalamnya.

Berlangganan artikel GRATIS lewat email? Silahkan DAFTARKAN email Anda di sini!

Buka email anda dan klik tautan yang ada untuk konfirmasi



Artikel Penting Lainnya:

1 Komentar :

Anonim mengatakan... [Reply]

maksud dari bidang minat apa ??
apa ngambil jurusan lagi sesudah masuk jurusan matematika ??

Terimakasih atas komentar yang membangun yang anda sampaikan melalui form ini.