PENDAFTARAN SNMPTN 2012 JALUR UNDANGAN

Profil Jurusan Perguruan Tinggi: Informasi awal yang diterima dari panitia pusat SNMPTN 2012 menyatakan bahwa seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2012 Jalur Undangan bagi Anda kelas XII SMA/MA/SMK/Sederajat berdasarkan penjaringan prestasi akademik direncanakan dibuka mulai 1 Februari 2012.
 
Jalur ini merupakan mekanisme seleksi nasional berdasarkan penjaringan prestasi akademik tanpa adanya ujian tulis maupun keterampilan. “Jalur ini tidak termasuk jalur penelusuran minat dan bakat.
Tujuan dibukanya jalur undangan adalah memberikan kesempatan kepada semua anak bangsa yang berprestasi akademik cemerlang untuk memperoleh pendidikan tinggi. Selain itu, memberikan kesempatan dan kepercayaan kepada kepala sekolah untuk menjadi bagian dari pelaksanaan seleksi awal di tingkat sekolah.
 
Jalur undangan dalam SNMPTN 2012 merupakan akses lain bagi para pelajar untuk melanjutkan pendidikan tinggi. Program besutan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) yang dilaksanakan sejak SNMPTN 2011 lalu ini dapat membantu pelajar dengan prestasi baik namun mengalami kesulitan dalam masalah keuangan.

Faktor Utama Yang Menentukan Kelulusan
Faktor utama dalam penentuan kelulusan jalur undangan tersebut, didominasi dari nilai rapor semester 1 hingga 5. Setelah dirangking berdasarkan nilai rapor, pertimbangan selanjutnya adalah pemerataan.

Misalnya, Fakultas Kedokteran UI tidak akan diisi seluruhnya oleh pelamar dari Jakarta, meskipun para pelamar itu menduduki posisi teratas. Panitia bisa mengisi pelamar dari daerah luar Jakarta. Faktor penentu selanjutnya adalah kelulusan Unas 2012.

Persyaratan Pendaftaran Snmptn Jalur Undangan
A. Persyaratan Sekolah
  1. SLTA dari seluruh propinsi dan Sekolah Republik Indonesia di luar negeri yang mengikuti Ujian Nasional
  2. SLTA tidak melakukan pemalsuan dokumen berkas lamaran siswa dalam dua tahun akademik terakhir (2010 dan 2011)
B. Persyaratan Pelamar
Siswa kelas 12 dan akan mengikuti UN pada tahun 2012

C. Daftar Siswa
  1. Sekolah harus membuat daftar siswa dari setiap kelas yang ada siswa pelamarnya yang akan direkomendasikan untuk mengikuti SNMPTN Jalur Undangan.
  2. Daftar siswa setiap kelas harus diperingkat berdasarkan prestasi akademik dan nilai kognitif rapornya. Namun demikian, pemeringkatan harus memperhatikan juga aspek potensi diri siswa berupa : dugaan keberhasilan di perguruan tinggi, kepemimpinan, daya kerjasama kelompok, dan sopan santun.
Tahun lalu, 2011
Berdasarkan hasil seleksi melalui dua tahap (undangan dan tertulis), jumlah peserta seleksi jalur undangan yang dinyatakan lolos dan diterima di PTN seluruh Indonesia sebanyak 46.706 peserta atau 20 persen dari semua pendaftar atau peserta seleksi yang mencapai 232.948 orang, ada sedikitnya 10.561 peserta jalur undangan SNMPTN yang tidak lolos seleksi.

Jumlah tersebut terjadi karena daya tampung yang terlalu banyak dibandingkan prediksi yang diatur oleh panitia. Peserta seleksi pada jalur undangan yang dinyatakan tidak lolos karena tidak memenuhi standar kompetisi di program studi berdasarkan prestasi dan peringkat akademik sekolah.

Salam dari Profil Jurusan Perguruan Tinggi Indonesia

Berlangganan artikel GRATIS lewat email? Silahkan DAFTARKAN email Anda di sini!

Buka email anda dan klik tautan yang ada untuk konfirmasi



Artikel Penting Lainnya:

0 Komentar :

Terimakasih atas komentar yang membangun yang anda sampaikan melalui form ini.