Kemana Setelah Lulus SMA?

Profil Jurusan Perguruan Tinggi: Jika anda ditanya, kemana setelah LULUS SMA, kuliah atau cari kerja, atau menikah? Boleh jadi anda menjawab Kuliah…!!! Namun jika pertanyaan itu diteruskan, mau kuliah dimana? Besar kemungkinan anda kebingungan menjawabnya.

Kebingungan merupakan hal yang lumrah. Penyebab utama kebingungan tersebut adalah kurangnya informasi tentang perguruan tinggi baik jurusan nya ataupun biayanya. Agar anda tidak bingung, mari kita berkenalan dengan perguruan tinggi yang ada di Indonesia.

Perguruan Tinggi di Indonesia banyak sekali jumlah dan jenisnya. Menurut jenisnya, Perguruan Tinggi di Indonesia dapat dibedakan sebagai berikut:
 

1. Universitas
Universitas adalah lembaga pendidikan tinggi yang paling dikenal di Indonesia. Lembaga ini didirikan dengan tujuan untuk mengarahkan lulusannya menjadi tenaga profesioanal siap kerja, tenaga pendidik atau peneliti. Universitas terdiri atas berbagai fakultas.

Fakultas adalah bagian dari universitas yang mendidik mahasiswa dalam bidang tertentu. Sebagai contoh, Fakultas Kedokteran mendidik mahasiswanya dalam bidang kesehatan atau Fakultas Teknik mendidik mahasiswanya dalam bidang teknologi. Dalam sebuah fakultas terdapat beberapa jurusan, misalnya di Fakultas Teknik ada jurusan Teknik Arsitektur, Teknik Sipil, Teknik Kimia, Teknik Mesin, Teknik Elektro, dll.

2. Institut
Berbeda dengan universitas yang mempunyai program studi yang beragam, Institut berkonsentrasi pada satu bidang khusus saja. Sebagai contoh, Institut Pertanian hanya mengkhususkan bidang pertanian saja seperti IPB (institut Pertanian Bogor), Institut Teknik hanya berkonsentrasi di bidang teknologi saja seperti ITB (Institut Teknologi Bandung), mau jadi guru?. Meskipun demikian, Institut juga mempunyai beberapa fakultas. Seperti Intitut Pertanian mempunyai Fakultas Pertanian, Peternakan, Perikanan, dan Kehutanan.

3. Sekolah Tinggi
Sekolah Tinggi adalah perguruan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan akademik dalam lingkup satu disiplin ilmu pengetahuan, teknologi atau seni. Jika memenuhi syarat, sekolah tinggi dapat menyelenggarakan pendidikan profesi. Sebagai contoh, STIE (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi) memiliki program spesialis Ekonomi atau Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) mengajarkan ilmu Akuntansi.

4. Akademi
Akademi hanya menyelenggarakan satu program studi dan lebih menekankan kepada ketrampilan praktik kerja dan kemampuan untuk mandiri. Umumnya lama pendidikan di perguruan tinggi ini hanya 3 tahun. Di sini porsi praktik lebih besar daripada teori. Banyak akademi di Indonesia berstatus kedinasan. Artinya akademi itu diselenggarakan oleh dinas pemerintah, misalnya Akademi Militer (Akmil), Akademi Ilmu Permasyarakatan, dan Akademi Kepolisian (Akpol).

5. Politeknik
Politeknik merupakan bagian dari sistem pendidikan nasional yang bertujuan menyiapkan mahasiswa menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan profesional yang dapat menerapkan, mengembangkan serta menyebarluaskan ilmu pengetahuan dan teknologi. Sesuai dengan tujuannya, politeknik memberikan pengalaman belajar berupa praktik dan latihan yang memadai. Di politeknik porsi praktik lebih besar daripada teori. Contoh politeknik antara lain: Politeknik Kesehatan (Poltekes), Politeknik Manufaktur, Politeknik Ilmu Pelayaran, Politeknik Elektronika.

Nah sekarang mana yang anda pilih? Masa depan ada di tangan anda sekarang.

Salam dari Profil Jurusan Perguruan Tinggi Indonesia

Berlangganan artikel GRATIS lewat email? Silahkan DAFTARKAN email Anda di sini!

Buka email anda dan klik tautan yang ada untuk konfirmasi



Artikel Penting Lainnya:

1 Komentar :

Hanif mengatakan... [Reply]

Terimakasih..... sangat menambah wawasan... :)

Terimakasih atas komentar yang membangun yang anda sampaikan melalui form ini.